Blog resmi milik OSIS SMA Negeri 1 Majalengka. portal utama OSIS dengan siswa.

Ekstrakulikuler

by OSIS | 16.40 in |

Hari Sabtu di SMA Negeri 1 Majalengka adalah hari yang agak santai untuk para siswanya. Karena pada hari itu sekolah hanya memberikan 5 jam pelajaran. Yang lebih menyenangkannya lagi, 3 jam pelajaran yang merupakan pelajaran normal seperti biasanya ditambah 2 jam pelajaran untuk pengembangan diri atau yang lazim kita kenal sebagai ekstrakulikuler. Sungguh menyenangkan hari Sabtu di SMA Negeri 1 Majalengka.

Untuk wadah penyalur bakat non akademik, sekolah telah menyiapkan beberapa program ekstrakulikuler yang seabreg. Mulai dari bidang olahraga, seni, jurnalistik, english conversation club sampai ke komputer semua tersedia dan ada di SMA Negeri 1 Majalengka. Setiap siswa hanya boleh memilih satu program. Dan itu murni pilihan siswa tanpa ada paksaan dari pihak sekolah.

Iniliah daftar ekstrakulikuler yang ada si SMA Negeri 1 Majalengka:

  1. DKM

    Program ekstrakulikuler bernafaskan islam ini adalah suatu wadah yang dibuat untuk menyalurkan bakat kita dalam bidang keagamaan islam dan seluk-beluknya. Mulai dari MTQ, Murotal dan masih banyak yang lainnya.


  2. PASKIBRA

    Ekstrakulikuler yang penuh kedisiplinan ini adalah salah satu ekstrakulikuler yang agaknya sudah tidak asing lagi. Setiap siswa yang memiliki perawakan yang gagah, mental yang kuat dan kedisiplinan yang mantap ada didalam di ekstrakulikuler ini. Disini juga merupakan duta SMA Negeri 1 Majalengka untuk berbagai perlombaan di bidang baris-berbaris indah (LBBI). Sudah banyak kejuaraan yang berhasil dijuarai, mulai dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat provinsi.


  3. PKS

    Untuk yang senang akan sesuatu hal yang berhubungan dengan keamanan dan patroli PKS adalah tempat yang cocok. Yang menjadi ciri khas program ekstrakulikuler ini adalah adanya hubungan yang akrab antara PKS dengan kepolisian di wilayah Majalengka. Sering sekali PKS membantu dan meringankan tugas-tugas ringan di kepolisian. Terutama di bidang lalu-lintanya.


  4. GANAPALA

    Tanam seribu pohon yang sedang digalakan oleh pemerintah agaknya juga telah digalakan pula oleh para anak-anak Ganapala. Ganapala berisikan siswa-siswa yang benar-benar mencintai alam. Program mendaki gunung, merawat kebun sekolah selalu mereka laksanakan setiap tahunnya. Alam SMA Negeri 1 Majalengka yang indah tidak lepas dari peranan ekstrakulikuler ini.


  5. PMR

    WHO, PMI dan PMR, semuanya berhubungan dengan kesehatan. Ekstrakulikuler kesehatan yang ada di SMA Negeri 1 Majalengka ini mempelajari berbagai hal tentang kesehatan para remaja. Program kesehatan yang patut diacungi jempol yang dilaksanakan oleh PMR ini salah satunya adalah program donor darah. Selain itu masih banyak lagi program yang berhubungan dengan kesehatan yang masuk kedalam program kerja PMR.


  6. ECC

    Klub percakapan berbahasa inggris adalah arti dari kepanjangan ekstrakulikuler ini. Para anggotanya mahir dan cakap berbahasa inggris. Untuk para siswa ingin bahasa inggrisnya lancar, baik dan benar a masuk ECC saja. ECC juga searah dengan program sekolah yang sudah menjadi Sekolah Berstandar Internasional (SBI), untuk mencapai itu seluruh siswa dan guru diwajibkan menggunakan bahasa inggris pada hari English day. Untuk bisa berbicara pada English day kita harus bisa berbahasa Inggris dan ECC adalah salah satu jalannya.


  7. Pramuka

    Ekstrakulikuler ini berhubungan dengan kepramukaan. Organisasi kepanduan bagi anak muda yang tertua di dunia masih tetap eksis disini.


  8. KIR

    Salah satu kelompok yang membahas tentang disiplin keilmuan. Bisa di bilang KIR ini merupakan kumpulan para pemikir-pemikir ulung yang handal.


  9. Elektro

    Segala yang berhubungan dengan listrik dan mesin dibahas dalam ekstrakulikuler ini.


  10. GIt

    Ekstrakulikuler yang wajib diikuti Kelas Internasional. membahas tentang Teknologi dan Informatika. mempunyai 3 jurusan yaitu Designing, Programming dan Hardware.


  11. Olahraga

    Dalam jiwa yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Agaknya semboyan ini berkaitan sekali dengan ekstrakulikuler ini. Ekstrakulikuler ini merupakan ekstrakulikuler yang bercabang dan menjadikan tubuh kita sehat dan kuat.

  • Renang
  • Bola Basket
  • Karate
  • Tae-Kwon-Do
  • Bulutangkis
  • Sepak Bola
  • Tenis Meja
  • Tenis Lapangan
  • Bola Volly


  1. RSG

    Segala yang berhubungan seni dan kesenian dibahas dalam ekstrakulikuler ini.


  2. SSSI

    Calon sastrawan-sastrawan ada didalam ektrakulikuler ini. ECA yang hanya ada 21 buah di seluruh Indonesia. bekerjasama dengan Majalah Horison dalam beberapa kegiatan.


  3. Gita Ganesha

    Sanggar paduan suaranya SMA Negeri 1 Majalengka.

5 komentar:

  1. nayelsa on 27 Oktober 2009 pukul 12.45

    hmm ... saya ingin tahu lebih lengkap tentang ganapala ..

    boleh?

     
  2. Anonim on 24 Agustus 2014 pukul 15.00

    ECC itu mampelajari tantang apa saja sich?

     
  3. Unknown on 16 April 2020 pukul 22.13

    Ada yg ngebahas tentang bahasa jepang gak?

     
  4. Unknown on 5 Mei 2020 pukul 22.22

    Ya Gw Juga Penasaran Bro

     
  5. Anonim on 8 Januari 2022 pukul 12.44

    wibu

     

Categories

Blog Archive

Powered By Blogger

Pengikut